Langsung ke konten utama

Semut Bulldog: Semut Hitam Tangguh yang Mematikan



Semut bulldog adalah golongan semut yang dikenal akan racunnya yang kuat dan tingkahnya yang agresif. Cengkramannya yang yang kuat dan gigitannya yang ganas menjadikan sebutannya “bulldog”. Semut ini juga dikenal sebagai semut banteng, semut jumper, semut sersan dan semut satu inci (inch ants).

Deskripsi

Perhatikan deskripsi semut besar ini.
Ukuran:
 Semut bulldog ini berukuran 8mm sampai 40mm. Semut pekerja dan Ratunya berukuran sama.

Mata dan Kaki:
Semut Bulldog memiliki mata yang lebar dan kaki berbulu.

Rahang:
Mereka jug memiliki rahang yang kuat dan panjang, berada di depan kepala. Rahang ini memiliki gigi yang berada di lapisan dalam.

Body: 
Mereka memiliki sengat yand berisikan racun yang berada di dalam perut di ujung gaster. Semut ini memiliki mesosoma (dada)  yang menempel ke gaster oleh segmen terpisah yang dikenal dengan sebutan petiole dan postpetiole.


Tingkah Laku: 
Semut buldog menunjukkan ciri-ciri perilaku yang sangat menarik.
  • Semut ini dikenal sangat ganas dan aggresif secara alami.
  • Mereka adalah penggerak yang cepat dan selalu waspada.
  • Mereka memilki struktur sosial yang sederhana – dimana betina adalah pekerja dan semut jantan besar adalah para tentara yang menjaga sarang.
  • Semut bulldog menebar kotoran di sekitar sarang mereka untuk mengintai musuh yang datang.
  • Ratu koloni bulldog berlari ke sudut terjauh di sarangnya ketika sedikit terganggu, membuatnya sulit untuk ditangkap.
  • Semut ini juga bekerja secara independen dan secara alami sangat tidak terorganisir. Ratu semut juga mencari makanannya sendiri.
  • Semut bulldog sangat cerdas dan ketika terancam, mereka cenderung menyerang penyusup dari belakang melalui jalur keluar alternatif yang ada dalam sarangnya.
  • Saat menyerang penyusup, semut ini mencengkramnya dan melipat perutnya untuk menyuntikkan perutnya ke tubuh korbannya berulang-ulang kali.
  • Semut bulldog  sangat aktif di malam hari pada bulan-bulan yang suhunya hangat. Selama musim dingin mereka bergerak jauh ke dalam tanah dan hanya dapat dilihat di siang hari.
  • Semut-semut ini banyak menghabiskan waktunya dengan berdandan, sebagai contoh membersihkan antena dan kakinya.
Berbeda dengan semut rumahan yang biasa kamu jumpai bahkan di bawah karpet, penyebaran semut bulldog ditemukan di hampir semua tempat di Australia. Habitatnya dapat ditemukan di hutan, padang rumput. Mereka membuat sarang di bawah tanah yang memiliki sistem terowongan luas dengan pintu masuk yang kecil.



Jangka Hidup dan Predator

Semut bulldog dapat hidup 8 sampai 10 minggu melalui 4 tahap kehidupan. Meskipun demikian, ratu semut bulldog mampu hidup selama beberapa tahun. Juga meskipun semut ini sangat ganas, tentu saja tetap masih ada predator. Predator semut bulldog ternyata dari spesies semut lain, burung, tawon, dan laba-laba.

Masih banyak informasi menarik berkaitan dengan semut ganas dari Australian ini. Berlanjut di bagian kedua yah. Semoga artikel tentang semut bulldog menambah pengetahuanmu. Sampai jumpa sobat jagatserangga ^_^.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebah Raksasa Jepang (Japanese Giant Hornet), Lebah Pembunuh yang Sadis (Seragga Sadis Part 1)

Lebah raksasa jepang adalah salah satu dari lebah terbesar di dunia. Mereka bahkan bisa sebesar ibu jari manusia dewasa dan betinanya memiliki sengat sepanjang hingga 1 - 4 inci. Seperti namanya, lebah raksasa jepang secara garis besar ditemukan di Jepang. Namun lebah ini adalah subspesies dari Asian Giant Hornet (Lebah raksasa asia), yang dapat ditemukan di Asia. Asia atau Lebah Raksasa Jepang Meskipun lebah raksasa Jepang adalah subspecies dari lebah raksasa Asia, bagaimanapun juga karena lebah raksasa lebih dominan ditemukan di Jepang, kedua nama umum nama sientis lebah-lebah ini digunakan secara tidak berbeda. Habitat Lebah Raksasa (Giant Hornets)  Lebah asian dapat ditemukan di bagian timur Asia, juga Asia tenggara. Meraka tidak tinggal di lingkungan tropis. kebanyakan dari lebah ini membuat sarang mereka di hutan dan pegunungan rendah tapi menghindari ketinggian dan dataran rendah. sayangnya, mereka juga cenderung membuat sarang di area agrikultural, yang seringkali